Kamis, 09 Mei 2013

Training Of Trainer (TOT) pendamping anak


Training Of Trainer pendamping anak
( parangtritis, 8-9 mei 2013)

sekumpulan kawan-kawan dari beberapa SMP, MTS, SMA, SMK dan juga perwakilah dari desa di Kabupaten Klaten kita bergerak bersama, berkumpul bersama sharing bersama tentang perlindungan anak.
kita semua dilatih, bergerak bersama melahirkan trainer-trainer muda yg tangguh sebagai pendamping anak. semua berjalan hanya untuk pemenuhan hak anak-anak. 
kita belajar bersama tantang penanganan kekerasan yag terjadi pada anak dilingkungan sekolah khususnya. ada beberapa materi yang kita dapat dikegiatan ini :

upacara pembukaan TOT


Sambutan pembukaan dari kepala BAPPEDA kabupaten Klaten, yang sangat mengapresiasi luar biasa terhadap kegiatan ini semuanya. berkat antusias seluruh peserta yang luar biasa semangat dalam mengikuti kegiatan ini selama 2 hari di Rangdo, pondok bambu di tepi pantai parangtritis, Yogyakarta.
materi mengenai hak anak







beliau juga menyampaikan materi kepada peserta TOT. yang antara lain isinya yaitu mengenai hak hak anak. dan beliau juga menyampaikan anak adalah seseorang yang berusia 18 tahun kebawah dan termasuk juga masih dalam kandungan.



suasana makan yang tertib










disiplin dan tertib adalah rasa yang kita terapkan pana kegiatan ini. dipandu oleh kawan-kawan PASKIBRA dari kabupaten klaten, mereka dilatih untuk disiplin, mulai dari hal terkecil yaitu makan, mereka harus tertib dan kebersamaanyang utama.






games perkenalan
games








perkenalan. dipandu langsung dari fasilitator tingkat naional yaitu mbag desi rahmawati yang berasal dari FORUM ANAK NASIONAL dan berasal dari Ambon. membuat suasana menjadi menyenangkan dan ceria bersama.
body maping







body mapping adalah gambaran analisis tubuh kita yang terkena tindak kekerasan. disini tujuannya kita akan mengetahui bangian mana saja yang terkena tindak kekerasan tersebut dan kita dapat mengelompokan hal tersebuat apakah kekerasan psikis apa fisik.




jam kegiatan sehari-hari
jam kegiatan adalah






dimaksudkan kita akan mengetahui kegiatan yang sering kita lakukan. dan hasil yang kita buat lebih dari 8 jam kita habiskan di sekolahan. dan indikatorpun juga banyak terjadi tindak kekerasan disekolah. kegiatan ini dimaksudkan agar teman-teman tahu dan mampu untuk menjadi pendamping anak disekolah dan berkata juga bertindak STOP KEKERASAN DISEKOLAH. jadikan SEKOLAH RAMAH ANAK.






diskusi berkelompok









diskusi kelompok ditepi pantai bertujua untuk membiasakan sikap berani mengeluarkan pendapat da berani merumuskan serta berani mengambil tindakan serta mewujudkan sekolah ramah anak.


malam hari yang sunyi waktu yang tepat untuk kegiatan kita melakukan renungan.
kita renungkan diluar sana masih banyak sekali hak-hak anak yang tertindas maka dari itu kita ciptakan trainer muda untuk mencegah kekerasan tersebut dan kembalikan hak anak sepenuhnya.
goal kegiatan ini adalah kampanye stop kekerasan ,
kita lakukan di depan ribuan pengunjung pantai,
dengan menggunakan spanduk bertuliskan STOP KEKERASAN,
kita harap semoga khalayak umum mengerti tentang pesan tersebut.
dan ikut berpartisipasi untuk tidak bertindak kekerasan terhadap anak.

terimakasih terhadap semua pihak yang telah tergabung menjadi fasilitator.
kak erry, mas yoyon, mbag dian, mbag bungsu, mbag indri, mbag tiara, mbag desi
mbag nurul, mas imam, budhe gotik, wancik, puja dan saya sendiri dhany angga pramudya
SALAM ANAK INDONESIA

Tidak ada komentar:

share